Lesson Plan tentang Deskriptive text


Blog ini kini telah berpindah ke Az-paper.com!
Di Blog az-paper kamu bisa cari RPP, Referensi skripsi, Essay dan juga materi pembelajaran. seilahkan di cek. :)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                              (RPP)

Nama sekolah : MTs N Bukit Raya UK Pekanbaru
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX(Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar : 11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/ procedure
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu :4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive text yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran
Teks monolog berbentuk deskriptive
Kosakata terkait tema / jenis teks.
Ciri kebahasaan teks :
- descrptive

Metode Pembelajaran: Three phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
· Tanya jawab mengenai teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
· Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan teks deskriptif/prosedur yang akan dibaca
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Ø Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu menyelesaikan masalah
Ø Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§ Buku teks yang relevan
§ Script percakapan dan/atau rekaman percakap§ Gambar-gambar yang relevan


Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal



1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive dan procedure
2. Mengidentifikasi fungsi komunikatif teks deskriptif / procedure.
3. Mengidentifikasi langkah retorika teks deskriptif /prosedurmenyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive / procedure.
Mengetahui;

Guru Mata Pelajaran

( Syahrul Miftah,S.Pd)                                                                                     September 2015


Praktikkan



(Siti Aysa Zendrato )







0 komentar:

Posting Komentar